..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Minggu, 07 Oktober 2007

Sejarah Perkembangan Komputer Grafik

•Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik

.•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakanteknologi Grafik Komputer

•1963 : -ditermukan Sutherland (MIT) -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)-Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)-Mouse oleh Douglas Englebert

•1968 : ditemukan Evans & Sutherland.

•1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan

•1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.

•1971: ditemukan Gouraud Shading,

•1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer

.•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek,

Hunger:Keyframe animation and morphing

•1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.

•1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer

•1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.

•Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime.

•1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.

•1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter

.•1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasidalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar).

•1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.

•1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama

•Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll

.•Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering

Tidak ada komentar: