•Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik .•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakanteknologi Grafik Komputer •1963 : -ditermukan Sutherland (MIT) -Sketchpad (manipulasi langsung, CAD)-Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector)-Mouse oleh Douglas Englebert •1968 : ditemukan Evans & Sutherland. •1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan •1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier. •1971: ditemukan Gouraud Shading, •1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi komputer .•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and morphing •1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping. •1977: Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer •1979: Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star. •Pertengahan tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream aplikasi realtime. •1982: Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel. •1984: Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter .•1986: Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasidalam Academy Award: Luxo Jr. (Pixar). •1989: Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award. •1995: Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang pertama •Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll .•Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering
Minggu, 07 Oktober 2007
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar