..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Senin, 26 November 2007

Sistem Operasi Mac OS X "Leopard"



source

Apple Macintosh baru-baru ini meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Mac OS X version 10.5 “Leopard” yang merupakan penerus dari OS sebelumnya Mac OS X v10.4 Tiger. Sistem operasi Leopard ini diklaim Apple merupakan sistem operasi yang lebih baik dari yang sudah diluncurkan oleh Microsoft yaitu Windows Long Horn “Vista”

Menurut informasi dari beberapa pengguna tidak seperti kebanyakan sistem operasi lainya, yang mengatakan bahwa tidak pernah membeli sistem operasi ketika pertama kali diluncurkan. Normalnya, mereka menunggu sampai dengan enam bulan atau setahun lamanya, sistem operasi Leopard dapat dijadikan suatu alasan orang untuk mengganti sistem operasi pada komputernya.

Menurut Apple, di dalam sistem operasi Leopard terdapat lebih dari 300 perubahan dan peningkatan yang menutupi komponen inti sistem operasi termasuk aplikasi dan tools untuk para developer. Sistem operasi ini memperkenalkan revisi Desktop yang signifikan, dengan redesign sebuah semi transparan menu bar dan update Finder yang menggabungkan visual navigasi antar muka yang pertama kali ditampilkan oleh produk iTune. Fitur lainnya yang tercatat adalah dapat mendukung untuk pencatatan grafik pengguna antar muka 64 bit, kemampuan backup otomatis yang disebut Time Machine, mendukung untuk Spotlight yang mencari melalui beberapa mesin yang bervariasi dan termasuk barisan depan dan pojok foto yang sebelumnya hanya terdapat pada beberapa model Mac.

Untuk para Developer, sistem operasi baru memiliki makna bahwa pekerjaan menjadi semakin yakin ketika bekerja dengan standar platform yang baru. Salah satu produk software Apple (Parallel) memberikan pengetesan kepada pengguna menjalankan Windows dan Linux secara bersamaan dengan OS X yang berkerja pada mesin single Apple. Program software tersebut berjalan dengan dengan normal tanpa menemui kendala pada sistem operasi Leopard.io

Dalam hal meningkatkan sistem keamanan, Leopard memiliki peningkatannya terhadap Tiger OS X 10.4. Peningkatan ini secara intensif menyediakan pengamanan internal terhadap penyerangan, dalam penambahan menyangkal serangan dari penyerangan pada waktu pertama kali.

Apple menyatakan persyaratan dasar untuk sistem Leopard, walaupun untuk beberapa aplikasi spesifik prosesor Intel diantaranya :

Prosesor harus dari keluaran Intel, PowerPC G5 atau G4 (867 Mhz atau lebih)
DVD Drive (untuk menginstal sistem operasi)
Built in Firewire
Setidaknya memilik memori RAM 512 MB
Built in display atau konektor display pada video card apple supplied
setidaknya memiliki ruang yg cukup HDD 9 GB (FWD / Ron)

Sumber: CBN

Tidak ada komentar: