..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Senin, 03 Desember 2007

Dokeos, Course Manajement System



source

Pengertian Dokeos

Dokeos adalah elearning tools untuk aplikasi berbasis web.Ia merupakan free software yang direlease oleh GNU GPL dan pengembangannya didukung oleh dunia internasional.Sistem operasinya bersertifikasi yang bisa digunakan sebagai konten dari sistem managemen untuk pendidikan.Contennya meliputi distribusi bahan pelajaran , kalender , progres pembelajaran, percakapan melalui text/audio maupun vidio , administrasi test , dan menyimpan catatan. Pada tahun 2004 dokeos sudah ditranslate ke dalam 31 bahasa dan digunakan oleh lebih dari ratusan organisasi.Tujuan utama dari dokeos adalah menjadi sistem yang userfriendly dan flexibel serta mudah dipakai. Selain itu juga menjadi tool yang bagus untuk pembelajaran sehingga user puas terhadap aplikasi ini.

Dokeos ditulis dalam bahasa PHP dan menggunakan database MySQL.Versinya yang paling stabil adalah Dokeos 1.6.5.Saat ini para developer sedang merelease versi 2.0.Komunitas untuk mereleasenya sangat terbuka.Untuk situs resminya adalah Dokeos.com

Tool-tool yang ada di Dokeos

1.
2. Agenda/kalender
3. Pengumuman: info penting yang juga mencakup fungsionalitas mail service
4. Deskripsi arahan: penjelasan objektif, metodologi, materi kursus, metode taksiran untuk siswa
5. Dokumen : manajemen file untuk menyimpan berbagai dokumen
6. Learning path: menetapkan bagaimana siswa melakukan browsing. menjelaskan kepada siswa-siswa langkah mana yang harus diambil. menunjukkan siswa menuju kursus e-learning yang kita tawarkan. misal : pretest, view document 1, post text, visit site X,.. Dengan tool ini kita juga dapat mengatur prasyarat. misalnya: situs tidak dapat dikunjungi sebelum test diselesaikan. learning path adalah SCORM compatible dan dapat mengimpor serta ekspor SCORM packages
7. Link : link ke situs lain
8. Forum : diskusi asynchronous
9. Drop box : siswa dapat mengumpulkan tugas ke gurunya (sebagai pengganti mengisi mailbox gurunya dengan mail yang memiliki attachment sanagt besar )
10. Group : mengelompokkan beberapa user menjadi satu (untuk tugas spesifik)
11. Modul untuk chat : diskusi instant
12. Publikasi : siswa dapat membagi (share) tugas mereka dengan siswa yang lain
13. Tracking : informasi tentang siapa yang telah mengerjakan, kapan, dan masih banyak lagi.

semua tool yang berbeda ini dapat dikombinasikan:
-tiap grup dapat memiliki ruang dokumen pribadi
-tiap grup dapat memiliki forum pribadi
-guru dapat memosting item agenda atau pengumuman untuk satu atau lebih grup atau user untuk seluruh siswa
-resources (dokumen, link, message forum) dapat dikombinasikan dengan resource yang akan bertugas me-link-kan: kita menambahkan attachment ke resource kursus lain dalam message forum, pengumuman, dan agenda dll.

Standar Dokeos

Dokeos code ditulis dengan PHP dan menggunakan database MYSQL. Dokeos juga bisa digunakan untuk support SCROM import, dan SCROM export dalam tahap percobaan.Data user dapat diimport ke dalam system engan menggunakan CSV atau file XML. Dokeos dapat menambahkan user info dan autentifikasi melalui LDAP. Untuk release selanjutnya (1.6) tim Developer juga berusaha untuk melengkapinya dengan W3C xhtml dan css standart. Beberapa Javascript masih dibutuhkan dan penggunaan SCROM lebih banyak digunakan untuk frame pada learning path module.

Pengembangan Dokeos

Pengembangan Dokeos adalah sebuah project Internasional untuk beberapa universitas, sekolah dan organisasi lain dan perorangan bisa berkontribusi.

Metodology pengembangan dokeos mengambil elemen dari ekstreme programming, usability teori dan metodologi pengembangan kolaborasi open source, seperti ide pada cathedrak dan bazaar.

Secara spesifik dokeos sangat terbuka. Ada forum yang digunakan oleh para pengguna dokeos di seluruh dunia untk saling berdiskusi dan memberi feed back. Agenda dan waktu para developer juga terpublish, dan roadmapnya juga bisa diketahui publik. Usser dapar menayakan tentang fitur atau bugs pada form tersebut. Semua desain dan dokumentasi dari developer tersedia dan bisa diakses oleh publik. Setiap orang bisa mendaftar dan dapat berkontribusi

2 komentar:

mament mengatakan...

siapa yang telah bisa mengunakan dokeos 1.8.5 ?
versi virtual classrom and meeting classrom


saya tantang anda. untuk memberikan sedikit ilmu kepada....mevscs@yahoo.com

mament mengatakan...

sya telah menggunaka dokeos 1.8.5
namun virtual calss room tidak berfungsi?


adakah yang sudah berhasil melakukan konfigurasi dokeos...?
jika anda berhasil kami siap menggantikan nilai lelah anda>....?
021.913-842-27