..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Minggu, 16 Desember 2007

Robot-Robot Sensitif di International Robot Exhibition 2007



source

Robot Juga Butuh Perhatian

Robot diciptakan untuk meringankan beban manusia. Tapi, itu dulu. Sekarang, perkembangan teknologi robot maju pesat. Robot mempunyai perasaan dan emosi seperti manusia. Malah, ada beberapa di antaranya yang butuh perhatian dan kasih sayang "sang majikan."

Seperti beberapa robot berikut ini. Robot-robot ini dipamerkan di ajang International Robot Exhibition 2007 (IREX 2007), yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada 28 November-1 Desember lalu.
---------

003 Simroid

Robot ini mempunyai fungsi sebagai simulator. Ia digunakan untuk "kelinci percobaan" para dokter gigi. Dengan Simroid (simulator android) buatan Kokoro Company Ltd ini, kesalahan pun dapat diminimalkan.

Dalam IREX 2007, Simroid menjadi salah satu robot yang sering menarik perhatian pengunjung. Sebab, ukuran dan tampilannya mirip manusia. Beberapa bagian tubuhnya cukup detail dan menyerupai organ tubuh manusia. Otot-ototnya lentur dengan mengandalkan pipa bertekanan udara. Kulitnya menggunakan bahan silikon lembut yang halus, layaknya kulit seorang gadis.

Selain itu, Simroid mampu menerima perintah dalam bentuk suara. Sehingga, ketika diperintah menggerakkan kepala atau membuka mulut lebih lebar, ia bisa langsung merespons seperti pasien sungguhan.

Istimewanya lagi, pada bagian mulut Simroid ditanamkan jutaan sensor perasa seperti saraf manusia. Simroid akan merespons ketika sang dokter tanpa sengaja menyakiti "pasien."

Ia akan memutar bola mata, menggerak-gerakkan tangan, kemudian mengadu, mengerang, atau berkata, "Aduh, sakit!" Jika merasa sangat kesakitan, Simroid akan menangis. Juga ada refleks tambahan. Itu bisa terlihat jika sang dokter memasukkan peralatan terlalu dalam ke kerongkongan. Simroid juga mengeluarkan suara seperti orang yang akan muntah.

Android Bayi

Masih dari departemen android simulator. Kali ini, yang dijadikan objek adalah "bayi" berusia sekitar tiga bulan. Kalau Simroid ditujukan untuk para dokter gigi, android bayi ini lebih disarankan untuk dipakai oleh para orang tua. Terutama, mereka yang berusia masih muda.

Secara fisik, android ini memang tidak persis manusia seperti Simroid. Namun, respons yang diberikannya nyaris seperti bayi betulan. Kalau pemiliknya tidak merawat dengan benar, misalnya terlambat memberi susu atau mengganti popok, ia akan langsung menangis keras-keras.

Pleo

Robot peliharaan ini berbentuk bayi Camarasaurus. Salah satu jenis dinosaurus herbivora yang hidup di akhir masa Jurassic, sekitar 145-155 juta tahun lalu. Ia diberi nama Pleo. Ugobe, perusahaan pembuatnya, menciptakan Pleo dengan dimensi ukuran seperti saat pertama lahir.

Layaknya peliharaan artifisial lain, seperti Aibo atau Robosapien, Pleo juga bisa diajak bermain. Bisa juga, berjoget mengikuti irama musik tertentu. Namun, perancangnya, Caleb Chung yang sukses dengan Furby, mainan peliharaan berbentuk burung hantu berbulu lebat, mengklaim Pleo sebagai life forms.

Maksudnya, Pleo mempunyai sifat dan emosi bawaan dari program. Tapi juga bergantung perlakuan sang pemilik. Jika diperlakukan penuh kasih sayang, ia akan tumbuh menjadi peliharaan yang manis, penurut, dan menyenangkan. Kalau terlalu dimanja, ia akan menjadi sedikit nakal dan menjengkelkan.

Kunci kemampuan robot ini terletak pada 38 sensor yang tersebar di seluruh tubuh. Fungsinya, mendeteksi cahaya, gerakan, sentuhan, dan suara. Ketika dibelai di bagian tertentu, seperti dagu atau punggung, Pleo akan melenguh kesenangan. Ia mampu mengingat gesture tertentu untuk berkomunikasi dengan pemiliknya.

"Dalam setiap desain, aku ingin membuat objek yang mampu berperilaku sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar. Yakni, objek yang punya empati dan tujuan. Bukan hanya robot yang seperti dibuat ilmuwan kebanyakan," tulis Chung dalam sebuah blog.

Peliharaan menakjubkan ini usai dirancang pada 2005. Namun, baru akan beredar mulai 21 Januari 2008 di seluruh dunia. Tiap item dibanderol USD 349 atau sekitar Rp 3,3 juta. (rum/bs)

Tidak ada komentar: