..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Jumat, 28 September 2007

GIS untuk Memetakan Kemiskinan di Azerbaijan



Buana Katulistiwa - Asian Development Bank (ADB), United Nations Development Programme (UNDP) dan Kementrian Ekonomi Pembangunan Azerbaijan baru-baru ini menyepakati sebuah proyek pemetaan sebesar 500.000 dolar AS.

Proyek yang menggunakan GIS dan citra satelit ini memiliki tujuan untuk memetakan perubahan penggunaan tanah, memetakan sumber daya alam dan memetakan kemiskinan di Azerbaijan. Tujuan akhir proyek ini adalah untuk meningkatkan proses perencanaan strategis, pemerintahan, kemampuan mobilisasi sumberdaya bagi kota-kota di Azerbaijan untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan.

Sumber gisdevelopment.net, baru-baru ini menyebut, proyek yang diberi nama City Development Strategy (CDS) akan dilakukan di Ganja, Sheki dan Mingechevir sebagai proyek percontohan (pilot project), wilayah ini merupakan bagian daerah yang belum berkembang.

Lama proyek yang dianggarkan selama 18 bulan ini akan diimplementasikan oleh Sekretariat Pengurangan Kemiskinan dan Pembangunan Ekonomi atau Secretariate of Poverty Reduction and Economic Development (SPRED). Sekretariat ini merupakan bagian dari kegiatan Aliansi Kota-kota (The Cities Alliance) yang merupakan koalisi kota-kota se-dunia yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di wilayah-wilayah perkotaan di seluruh dunia. (ms)

Tidak ada komentar: