..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Jumat, 14 September 2007

Microsoft Dukung Silverlight di Linux

Microsoft dan Linux terlibat dalam sebuah kerjasama yang disebut-sebut bersejarah. Microsoft memberi dukungan resmi Silverlight berjalan di Linux.

Dukungan itu lahir dari kerjasama Microsoft dengan Novell. Kedua perusahaan akan mengadopsi proyek Moonlight yang tadinya merupakan proyek tidak resmi untuk menghadirkan Silverlight di Linux.

Moonlight awalnya dikembangkan oleh anggota Proyek Mono setelah Microsoft melansir kode awal Silverlight pada Mei 2007. Kini, setelah diadopsi oleh Novell, Silverlight versi 1.0 dan 1.1 juga akan dihadirkan di Linux. Bahkan Novell berjanji Silverlight akan bisa digunakan pada desktop Linux distribusi utama, bukan hanya Linux-nya Novell.

Di sisi lain, Microsoft berjanji akan memberikan akses pada piranti pengujian, spesifikasi, dan codecs video serta audio yang digunakan dalam pengembangan Silverlight.

Sebelumnya, Microsoft hanya memberikan dukungan untuk Silverlight pada Macintosh dan Windows. Itu pun terbatas pada browser Safari, Firefox, dan Internet Explorer.

Miguel de Icaza, pendiri Mono sekaligus Vice President Developer Platform di Novell, menyebut kerjasama ini sebagai sesuatu yang bersejarah dalam hal hubungan proyek Open Source dengan Microsoft. "Mereka (Microsoft-red) sudah pernah berkolaborasi di area server contohnya di Xen dan PHP, tapi ini pertama kalinya ada kontribusi ke desktop Open Source," tutur Miguel.

Menurut Miguel Microsoft diuntungkan dengan meraih pengguna Linux dan BSD. "Sedangkan kita (komunitas Open Source-red) diuntungkan dengan menjamin pengguna sistem operasi Open Source juga bisa membuka situs yang menggunakan Silverlight," ujarnya.

Silverlight disebut sebagai pesaing teknologi Flash yang dikembangkan oleh Macromedia. Silverlight memungkinkan hadirnya aplikasi interaktif berbasis .NET dan juga konten multimedia lewat situs web.(detikinet)

Tidak ada komentar: