..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Jumat, 28 September 2007

GIS untuk Pencegahan Pelanggaran Konstruksi, Pajak Hingga Sampah di New Delhi



Buana Katulistiwa- Ibukota India, New Delhi dalam waktu tak lama lagi akan mengunakan GIS, citra satelit 3-D dan kamera laser untuk memonitor berbagai pelayanan, mengecek pelanggaran hak ilegal dan kontstruksi yang tak sesuai peruntukan, pencegahan kemacetan lalu lintas dan membantu dalam pengumpulan pajak kekayaan.

Teknologi yang akan diluncurkan dengan kolaborasi Akademi Sains Rusia, akan membantu memonitor berbagai hal dengan mengacu kepada data-data yang relevan. Selain itu juga akan dimanfaatkan dalam perencanaan dan pengembangan wilayah, manajemen utilitas seperti air, listrik, gas, manajemen bencana dan kontrol polusi melalui monitoring lingkungan, hingga untuk aspek lain seperti pengumpulan sampah.

Sumber gisdevelopment.net, Rabu (1/2) menyebut pada tahap pertama, proyek percontohan akan meng-cover area 20 km persegi di Chandni Chowk, yang akan dimonitor. Aktivitas perluasan monitoring GIS akan dimulai di sana selama enam bulan dan akan diperluas hingga ke ibukota nasional hingga pelaksanaan Common Wealth Games tahun 2010 dan kemudian ke metropolis lainnya.(ss)

Tidak ada komentar: