..:: Selamat Datang di iloworld.blogspot.com ::..

Sabtu, 22 September 2007

Sistem Keuangan Negara Online



Saya baru membaca berita hari ini. Topik yang menarik adalah sistem keuangan negara akan segera dibuat online mulai tanggal 1 Oktober 2007. Pernyataan ini disampaikan oleh Wapres Jusuf Kalla. Beliau menyatakan bahwa seluruh pemasukan dan pengeluaran keuangan negara akan masuk ke dalam satu rekening. Karena sudah online, diharapkan sistem seperti ini akan transparan dan terbuka.

Dengan sistem online, Pak Wapres berharap bahwa posisi perbendaharaan negara pada masing-masing propinsi dapat diketahui setiap sore hari. Tujuan pemakaian sistem ini adalah untuk efisiensi manajemen keuangan negara. Jadi, saldo negara keluar masuk dapat diketahui.

Selama ini, saya tidak tahu sistem keuangan negara seperti apa. Sistem keuangan negara sepertinya tidak jelas bahkan “tertutup” untuk publik. Saat melakukan pencarian di Google, saya menemukan Undang-Undang Tentang Keuangan Negara tahun 2003. Selengkapnya dapat anda baca di SINI. Harapan saya adalah agar masyarakat luas bisa mengetahui aliran dana (cash flow) kas negara. Sekalian juga, kita menjadi tahu sebenarnya berapa jumlah kas negara kita dengan pasti. Itu berarti masyarakat akan menjadi paham kondisi kas negara sehingga pemerintah dapat lebih bijak dalam mengelola kas negara tersebut.

Tidak ada komentar: